SHARE Ideas anything benefit. Ruang kreatifitas tanpa BATAS...

March 06, 2015

Mari Bersepeda Biar Sehat

          Setiap orang pasti pernah bersepeda, salah satu kegiatan olahraga ringan yang mudah dilakukan oleh semua umur. Tak terpungkiri lagi belajar sepeda merupakan cikal bakal seseorang bsa mengendarai sepeda motor. Bila mengingat masa-masa dimana kita belajar sepeda, pasti ada senyum kecil yang dirasa tatkala mengenangnya. Kenangan ketika jatuh, kemudian bangun lagi dengan semangat tinggi agar bisa naik sepeda dengan lancar.

          Namun pada masa sekarang. jarang sekali kita temukan ada orang yang melakukan aktifitasnya dengan menggunakan kendaraan roda dua tanpa mesin ini. mungkin hanya segelintir orang ditemukan bersepeda di sekitar area-area kampus. Beberapa mahasiswa yang sengaja pergi kemana-mana berkendara sepeda untuk mengirit uang saku bulanannya. ceritanya kalau naik motor, ada uang bensinnya. sedangkan bersepeda, uang jajan bisa dipakai untu beli es. Enak kan. 

          Berikut, akan saya paparkan beberapa manfaat bersepeda bagi kesehatan. Hampir semua dokter sepakat berpendapat bahawa Dengan bersepeda 15-30 menit setiap harinya, maka kita akan dapat merasakan beberapa manfaatnya. Misalnya menurunkan berat badan, menguatkan pernapasan dan system kerja jantung, membuat kulit akan terasa kencang dan masih banyak lagi manfaat-manfaat lainnya. Bila kebanyakan orang yang menggunakan motor bisa move on, beralih ke sepeda. Maka kita akan merasakan betapa indahnya lingkungan yang jauh dari polusi asap kendaraan.
secara tidak langsung dengan bersepeda, kita mencoba untuk mengurangi stress mental dan meningkatkan mood baik. Karena aktifitas yang dilakukan cendrung mengerakan semua anggota tubuh, sehingga menghilangkan rasa malas, letih dan lesu (mungkin sederhananya anggota tubuh yang nggak nganggur membuat fikiran jadi gak galau. Hehe…).

Jadi tunggu apalagi, ayo gowes sepedamu. Gunakan waktu kososngmu dengan hal-hal yang bermanfaat. Salah satunya bersepeda. selain menyenangkan, tentunya tadi kita sudah mengetahui betapa banyak manfaat bersepedah bagi kesehatan. 

Temen2, saya punya tambahan pengetahuan tentang filosofi bersepeda dengan kehidupan. Bersepedah itu, bukan masalah jauhnya kilometer yang di tempuh ketika mengayuhnya. Saat ada tanjakan, jangan terlalu bernafsu ingin menuntaskannya. Saat ada turunan, jangan mudah panic sehingga mudah kehilangan konsentrasi. Tetap, NIKMATILAH perjalananmu dan olahraga ringan nan santai yang kamu lakukan.

Begitu pula Kehidupan, bukan masalah harta yang kita dapatkan. Melainkan memaknai harta yang kita dapat untuk membuat hidup lebih berharga dan bermakna. Jadi, korelasinya antara bersepeda dengan kehidupan adalah “it’s about yhe journey, not the destination. Because life is a journey”.

Daftar Pustaka :
http://blog.bandung123.com/2013/02/filosofi-bersepeda-manfaat-sepeda-bagi-kesehatan.html

0 comments:

Post a Comment

LIKE US

Popular Posts

Blog Archive

Categories

"Sun Tree" IT. Powered by Blogger.