SHARE Ideas anything benefit. Ruang kreatifitas tanpa BATAS...

March 04, 2015

Nulis Karya Ilmiah, Bisa kan???

            Temen2 jangan beranggapan untuk membuat karya ilmiah itu SULIT. Sebelum temen2 bergerak membuat karya lewat tulisan, ada baiknya temen2 mengetahui apa itu Karya Ilmiah? Apa saja jenis-jenisnya? Dan bagaimana cara penulisnya secara sistematik?. Yuk, cari tahu… !!!

             Karya tulis ilmiah adalah laporan tertulis hasil dari suatu kegiatan. Tulisan tersebut membahas tentang suatu masalah berdasarkan pengamatan, pengumpulan data, Maupun penelitian. Karya tulis ilmiah memiliki banyak jenis-jenisnya, diantaranya :
  1. Makalah atau Paper merupakan karya tulis dari kesimpulan pemikiran sebagai hasil pengkajian sederhana dari sebuah referensi bacaan, pemikiran tokoh maupun gagasan penulis sebelumnya.
  2. Laporan Praktikum merupakan laporan tertulis dari serangkaian kegiatan praktikum yang telah di laksanakan.
  3. Artikel merupakan gagasan tertulis dari seorang penulis tentang suatu permasalahan berdasarkan kajian pustaka atau hasil penelitian.
  4. Tugas Akhir baik skripsi (S1), thesis (S2) maupun Disertasi (S3) merupakan karya ilmiah yang di tunjukan untuk mengakhiri studi di perguruan tinggi.

           Setelah temen2 tahu apa itu karya ilmiah serta jenis-jenisnya, mari kita bahas selanjutnya. Dalam penulisan karya tulis ilmiah, biasanya para penulis memakai konsep dari sistematika penulisan karya ilmiah di bawah ini :

JUDUL
ABSTRAK
LEMBAR PERSETUJUAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I. PENDAHULUAN
1.      LATAR BELAKANG MASALAH
2.      PERUMUSAN MASALAH
3.      TUJUAN DAN MANFAAT PENULISAN
BAB II. KAJIAN TERORITIS DAN METODOLOGI PENULISAN
1.      KAJIAN TEORITIS
2.      KERANGKA BERFIKIR
3.      METODOLOGI PENULISAN
BAB III. PEMBAHASAN
1.      DESKRIPSI KASUS
2.      ANALISIS KASUS
BAB IV. KESIMPULAN DAN SARAN
PENUTUP

     Adapun tujuan dari menulis karya ilmiah adalah sebagai wahana yang melatih kita mengungkapkan ide atau pemikiran dan hasil penelitian melalui media tulis. Karya tulis ilmiah yang ada, diharapkan bisa menjadi alat transfer ilmu kepada pelajar dan masyarakat. Ini juga membuktikan bahwa penulis karya ilmiah memiliki potensi besar menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lainya dan memiliki wawasan yang luas.

             Sumber :

0 comments:

Post a Comment

LIKE US

Popular Posts

Blog Archive

Categories

"Sun Tree" IT. Powered by Blogger.