SHARE Ideas anything benefit. Ruang kreatifitas tanpa BATAS...

March 03, 2015

E-Commerce apa sih ???

Electronic Commerce (EC) dalam bahasa Indonesia Perdagangan elektronik adalah suatu proses jual beli barang atau jasa melalui system elektronik berupa internet, WWW (World Wide Web) maupun jaringan computer lainnya.  
EC juga bisa di definisikan dari beberapa sudut pandang :
  • Dari segi komunikasi, EC berarti pengiriman informasi melalui jaringan computer maupun sarana elektronik lainnya.
  • Dari segi proses bisnis, EC berarti aplikasi teknologi untuk mempermudah transaksi dan aliran kerja perusahaan.
  • Dari segi layanan, EC berarti suatu alat yang bisa memenuhi keinginan perusahaan, konsumen dan manajemen dalam memotong biaya ketika di lakukan peningkatan mutu barang dan kecepatan pelayanan.
Seputar sejarah singkat, EC hadir di awal tahun 1970 an lewat adanya inovasi semacam electronic fund transfer (ETF). Ketika itu, ETF hanya digunakan pada perusahaan-perusahaan besar dan lembaga keuangan. Lalu muncullah Electronic Data Interchange (EDI) yang berkembang dari transaksi keuangan jadi pemrosesan transaksi. Hal inilah yang memicu istilah komersialisasi internet pada tahun 1990 an yang di kenal Electronic Commerce (E-Commerce).
Selain istilah E-Commerce ada juga E-Business, namun dari dua istilah tersebut memiliki arti yang agak berbeda. E-Business tidak hanya sekedar jual dan beli, lebih dari itu E-Business melayani pelanggan dan partner bisnis serta melakukan transaksi elektronis dalam suatu organisasi.
Banyak orang mengira EC hanya sekedar Web Sites, padahal aplikasi dari EC itu banyak rupanya seperti bidang saham, pekerjaan, pelayanan keuangan, periklanan, hardware dan software PC, hiburan dan masih bnyak lagi lainnya.

Ada beberapa jenis EC di Indonesia :
  1. Iklan baris, merupakan salah satu EC yang sederhana. Dulu, kita mengenal iklan baris hanya ada di Koran-koran, tapi sekarang banyak sekali kita temukan di media jejaring social maupun situs-situs lainnya. Contoh iklan baris EC : olx.com, berniaga DLL.
  2. Retail, merupakan jenis EC yang mana proses jual-belinya sudah di atuh oleh pihak situs yang bersangkutan. Contoh lazada.com.
  3. Market pace, jenis EC sebagai penyedia jasa mall online.

Daftar Pustaka :

    0 comments:

    Post a Comment

    LIKE US

    Popular Posts

    Blog Archive

    Categories

    "Sun Tree" IT. Powered by Blogger.